Segala Yang Perlu Diketahui Tentang Produk Bayi

Kumpulan Artikel Tentang Kebutuhan Seputar Produk dan Perlengkapan Bayi yang bisa anda dapatkan disini

Manfaat Minyak Telon Beri Si Kecil Kenyamanan Ekstra. Selama ini orang hanya tahu manfaat minyak telon untuk menghangatkan badan bayi saja. Padahal, terdapat sejumlah manfaat baik lainnya.

Hal ini tak terlepas dari formula utama dalam minyak telon. Adapun berbagai bahan pembuatnya antara lain adalah minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa murni.

Manfaat Minyak Telon Beri Si Kecil Kenyamanan Ekstra

Intip Berbagai Manfaat Minyak Telon untuk Bayi

Manfaat Minyak Telon Beri Si Kecil Kenyamanan Ekstra. Saat membicarakan hal-hal tentang bayi, produk yang paling familiar terdengar adalah minyak telon. Ada berbagai merek minyak telon yang beredar di pasaran dan di apotek. Namun, belum tentu setiap orang mengetahui apa saja manfaat minyak telon. Bila penasaran ingin mengetahui segala manfaatnya, silakan simak ulasan berikut ini.

Menghangatkan Badan

Mengoleskan minyak telon sehabis mandi atau saat kondisi udara dingin bertujuan agar badan bayi menjadi hangat. Kemampuan bayi dalam hal mengatur suhu tubuh belum berkembang dengan baik. Dengan bantuan olesan minyak kayu putih, badan bayi pun senantiasa merasakan hangat. Sensasi hangat tersebut berkat senyawa aktif cineola.

Kandungan dalam minyak telon tersebut efektif memberikan kehangatan, sehingga bayi pun terhindar dari kedinginan. Saat mengusapkan minyak telon, pembuluh darah tepi akan melebar dan menciptakan sensasi hangat di kulit.

Meredakan Perut Kembung

Sistem pencernaan bayi belum mencapai taraf sempurna. Oleh karena itu, mudah sekali mengalami kembung. Saat mengalaminya bayi cenderung menjadi rewel karena merasa tak nyaman.

Dengan mengoleskan minyak telon pada area perut si kecil, perut kembung bisa menjadi reda. Selain mengatasi perut kembung, manfaat lain minyak telon adalah membantu mengatasi rasa sakit di saluran pencernaan berkat kandungan adas di dalamnya.

Melembabkan Kulit

Siapa sangka jika minyak telon berkhasiat melembabkan kulit bayi. Minyak telon memiliki kandungan minyak kelapa yang memberikan menutrisi sekaligus membantu melembabkan kulit. Kulit bayi tidak hanya halus, tetapi juga lembut.

Bila tidak menginginkan kulit bayi kering, rajin-rajinlah mengoleskan minyak telon sehabis mandi. Ingatlah jika masalah kulit kering sudah menjadi kondisi umum di awal-awal kehidupan bayi. Selain karena kadar hidrasi tubuhnya belum memadai, faktor suhu ruangan juga memicu keringnya kulit bayi.

Mencegah dan Mengatasi Gigitan Nyamuk

Nah, kalau manfaat minyak telon yang satu ini berkat kandungan anetol yang ada di dalam minyak adas. Anetol mengeluarkan bau khas yang tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk serangga lain.

Pada saat musim hujan tiba, ibu harus sering-sering mengoleskan minyak telon ke tubuh bayi. Bahkan gatal ruam akibat popok bisa reda dengan olesan minyak telon.

Sebagai Pelicin Saat Memijat Bayi

Memijat memberikan efek yang baik bagi bayi. Tujuan utama pijat bayi adalah mengoptimalkan pertumbuhan dan merangsang perkembangannya.

Usapan lembut dengan minyak telon membantu menciptakan suasana yang menenangkan, sehingga bayi lebih rileks. Biasanya, dilakukan 2 kali sehari, tepat sehabis mandi pagi dan sore.

Minyak telon membuat kulit bayi menjadi lebih licin dan lembut, sehingga proses memijat tidak akan menyakitkan. Selain itu, juga sebagai pemberi kehangatan dan merilekskan otot-otot bayi.

Meringankan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Selanjutnya, minyak juga terdapat manfaat dalam membantu meredakan pada hidung tersumbat yang di alami bayi. Manfaat ini masih berkat kandungan cineole di dalam minyak telon. Cara kerja minyak adalah mengencerkan lendir yang berada di dalam hidung, sehingga lendir penyebab hidung tersumbat bisa dikeluarkan.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Tak jauh-jauh dari kandungan minyak kelapa, minyak telon juga berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut pada bayi. Khasiat minyak kelapa untuk perawatan alami rambut tidak main-main.

Mengatasi Masalah Pernapasan dengan Baik

Minyak telon juga memadukan minyak kayu putih sebagai bahan pembuatnya. Sifat dari bahan yang satu ini adalah sebagai antivirus, antibakteri, antimikroba, anti jamur, dan dekongestan. Tak heran apabila orang seringkali menggunakan minyak telon sebagai bahan pembuat obat, khususnya obat pereda masalah pernapasan.

Meredakan Gejala Eksim dan Mencegah Infeksi

Kulit bayi yang kering biasanya memicu masalah kulit, seperti eksim. Saat mengalaminya, kulit bayi mengalami ruam dan gatal-gatal. Manfaat kandungan dari minyak kelapa di dalam minyak telon dapat menolong kulit bayi dengan baik.

Sedangkan senyawa cineol dalam kandungan minyak kayu putih akan membantu mencegah infeksi virus serta bakteri. Minyak telon ini memiliki kandungan minyak kayu putih sekitar hampir 50%. dalam mengatasi infeksi jamur bisa di atasi dengan baik dengan cara mengoleskan minyak kayu putih ke kulit yang di derita. Kulit anak saat masih bayi masih sangat rentan dari serangan jamur.

Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Tantangan terbesar bagi seorang ibu adalah pola tidur bayi yang belum teratur. Bayi hanya bisa menangis saat terbangun dari tidur, baik sepanjang siang maupun malam hari. Hal ini juga mengganggu tidur sang ibu. Padahal, keduanya membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Solusinya adalah memijat badan bayi menggunakan minyak kayu telon sebelum tidur. Aroma daripada minyak ini dapat membantu bayi merasa nyaman, sehingga bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dengan demikian, kualitas tidur ibu pun semakin baik. Tidur siang yang cukup bagi ibu menyusui dapat membantu merangsang keluarnya ASI yang berkualitas.

Sebagai Parfum 

Bingung mencari parfum bayi yang aman? Minyak telon memiliki keharuman yang khas, sehingga tidak ada salahnya mengfungsikannya sebagai parfum. Efek relaksasi minyak telon begitu disukai oleh orang dewasa. Tidak heran lagi kenapa mereka menggunakan minyak telon sebagai parfum atau penghangat badan pada bayi.

Apakah anda ingin tahu apa lagi manfaat minyak telon pada bayi? Pastikan memilih minyak telon yang aman dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *